Minggu, 21 Juni 2015

[Resensi: Ojou! by Andry Setiawan] Cinta Putri Seorang Gangster


Judul buku : Ojou!
Penulis : Andry Setiawan
Penyunting : NyiBlo
Desain cover : Dedy Andrianto
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun terbit : Februari 2013
Tebal buku : 253 halaman
ISBN : 978-602-7742-11-6




BLURB

"Aku benci dengan orang-orang seperti mereka."

Higuchi Lydia tertegun begitu mendengar kata-kata dingin yang keluar dari mulut Kim Jeong, mahasiswa kedokteran sekaligus partner Hi5-nya. Awalnya, Lydia berniat untuk hidup normal di Korea. Tetapi, kenyataan seperti tidak mengizinkannya. Setiap hari, ia diuntit sesosok pria berjas putih dan dipaksa melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

Lydia berusaha melupakan fakta bahwa ia adalah bagian dari sebuah keluarga yang tidak akan bisa dibayangkan oleh siapapun--tak terkecuali Jeong.

Terutama Jeong.

Saat akhirnya Jeong tahu kebenarannya dan menjauhi Lydia, hati gadis itu pun berontak.

Tetapi rasa suka itu bukan buih kan?



RESENSI

Higuchi Lydia merupakan gadis blasteran Indonesia-Jepang yang menjadi mahasiswi di Kwanghan University atau yang lebih dikenal dengan nama Kwangdae. Untuk membantunya beradaptasi terhadap lingkungan dan mempelajari bahasa dan budaya Korea, ia mendapat seotang partner bernama Kim Jeong.
Lydia yang easy going senang menggoda Jeong yang serius. Hubungan mereka berjalan baik-baik saja. Suatu malam sepulang dari restoran, mereka melihat anak-anak berandalan yang mengganggu orang-orang sekitar. Saat itu Jeong terang-terangan menunjukkan ketidaksukaannya pada kekerasan.
Lydia menjadi gelisah dan berusaha menyembunyikan identitas dirinya. Tapi ketika Lydia secara sembunyi-sembunyi menemui Takeshi, pria suruhan ayahnya yang selalu menguntitnya, Jeong tak sengaja mendengar percakapan mereka. Akhirnya Jeong mengetahui fakta bahwa Lydia adalah anak seorang gangster!
Sejak itu Jeong berusaha menghindari Lydia. Tentu saja hal itu membuat Lydia kesal, apalagi Michelle --sahabat Lydia-- ikut-ikutan menjauhi Lydia tanpa Lydia ketahui sebabnya.
Apakah Jeong akan tetap menjauhi Lydia meski gadis itu mengalami kesusahan? Ataukah Lydia akan berpaling pada Shin yang tak pernah segan membantunya? Apa alasan Jeong hingga begitu membenci gangster dan kekerasan?

------

Ojou! adalah novel young adult yang masuk dalam serial 'Hi! Kwangdae' dari Penerbit Haru. Temanya cukup menarik bagi saya, hampir mirip tema beberapa manga yang pernah saya baca. Tentang anak perempuan seorang ketua gangster yang sebal akan statusnya dan berusaha hidup senormal mungkin.

Plot Ojou! cukup rapi, mengalir maju dengan runtut. Penguasaan budaya Jepang dan Korea penulis membuat novel ini kental akan cita rasa Jepang dan Korea. Beberapa bahasa Jepang dan Korea yang umum digunakan muncul di dalam novel ini, lengkap dengan keterangan artinya. Hanya saja untuk tokoh dan setting, masih terasa kurang terdeskripsi.
Dengan POV orang ketiga, pembaca bisa memahami pemikiran setiap tokoh cerita.

Karakter dalam Ojou! sangat beragam. Terlihat perbedaannya dalam tingkah laku dan ucapan. Ada Lydia yang ceria dan easy going, Michelle yang pendiam, Jeong yang serius, Shin yang teguh dan kurang peka, juga Takeshi yang setia.
Masih ditambah lagi beberapa mahasiswa Kwangdae lain yang kehadirannya lucu dan menyegarkan.

Gaya penulisan Ojou! saya rasa masih sedikit kaku. Beberapa dialog terasa "nggak bernyawa" dan seolah hanya untuk memperpanjang bab. Saya juga agak terganggu dengan kata 'itu' yang sangat banyak bertebaran dalam novel ini.
Misalnya dalam salah satu paragraf di halaman 21 terdapat kata: 'bibi itu', 'restoran itu', 'saat itu', 'wanita itu', dan 'karena itu'.
Dan masih banyaaaaak lagi :(

Juga masih adanya inkonsistensi penggunaan kata ganti orang ketiga. Penggunaan 'ia' dan 'dia' masih bercampur bahkan dalam satu paragraf.

Covernya… imuuuuut! Selalu suka dengan desain sampul dari Penerbit Haru. Cantik sekaligus unyu. Judul Ojou! di dalam balon kata pasti maksudnya adalah teriakan dari Takeshi :D
Oh ya, omong-omong Ojou adalah bahasa Jepang untuk Nona. Takeshi selalu menggunakannya untuk memanggil Lydia :)

Beberapa typo dalam Ojou! :

* diuntit --> dikuntit (blurb)
* siapapun --> siapa pun (blurb)
* …buih kan? --> …buih, kan? (blurb)
* Lyda --> Lydia (hal. 8)
* bertatapan langsung Shin. --> bertatapan langsung dengan Shin. (hal. 91)
* Kenyataannya --> kenyataannya (hal. 130)
* …suaranya selalu keras --> …suaranya selalu keras. (hal. 170)
* untuk untuk --> untuk (hal. 199)
* terteriak --> berteriak (hal. 221)

Saya rekomendasikan Ojou! untuk pembaca penyuka novel yang kental budaya Jepang dan Korea karena novel ini cukup ringan dan menghibur. Juga karena twist yang mengejutkan di dalamnya yang membuat saya terkesan. Saya beri 2,5 bintang untuk Ojou!


TEBAR-TEBAR QUOTE

Apa rasa suka itu bisa mengubah seseorang? Apa rasa suka bisa mengubah seorang gadis menjadi seorang prajurit yang rela berkorban? (hal. 100)

"Dan memangnya lari dari masalah bisa menyelesaikan masalah?" (hal. 106)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon