Senin, 25 Januari 2016

[Guest Post] Kepo Bersama Rizky Mirgawati


Happy Monday, all!
Tetap semangat dong ya, di awal pekan. Hari ini Nurina Mengeja Kata kedatangan tamu, lho. Seorang blogger buku kece yang ngehits banget setahun terakhir ini, kak Rizky Mirgawati. *gelar red carpet*



Saya penasaran bin kepo sama Kiky yang tergolong cepat banget membaca buku dan sanggup menjadi host banyak blogtour yang kepadatan jadwalnya bisa bikin pingsan itu.
Nah, berikut wawancara singkat yang saya lakukan dengan Kiky:

Halo Kiky, selamat datang di Nurina Mengeja Kata, anggep aja rumah sendiri, ya. *sodorin gelas, suruh bikin minum sendiri* #plak

Hai Mba Nurina, terima kasih loh sudah mengajakku untuk bertamu di Nurina Mengeja Kata.


Bagi cerita dong, Ky, tentang kesukaan membacanya. Apa genre favorit Kiky dan mengapa suka genre itu?

Wah, aku sudah suka membaca sepertinya sejak kecil ya, saat baru mengenal huruf. Inget banget waktu kecil, suka sekali baca korannya bapak, hal ini yang membuat aku sudah lancar membaca sejak TK. Alhamdulilah, kedua orangtuaku sangat mendukung kebiasaan membacaku, mereka malah lebih senang aku membeli buku daripada membeli mainan lainnya ya. Namun, dulu menemukan buku itu susah sekali loh buatku yang tinggal nun jauh di Papua sana (belum ada tuh toko buku seperti Gramedia). Yang ada toko buku kecil, yang koleksi bukunya sedikit sekali dan harganya lumayan mahal buat kantong pelajar sepertiku. *beruntunglah kalian yang tinggal deket toko buku*


Untungnya aku punya sahabat yang sama suka membaca juga, aku dulu biasanya suka minjem buku dia. Bacaanku saat remaja juga kebanyakan buku-buku Lima Sekawan dan Goosebumps. Bahagia banget rasanya saat aku keterima di salah 1 PTN di Pulau Jawa, dan akses buat menemukan buku-buku yang kusukai jadi lebih mudah :)


Kalau bicara genre, aku suka sekali baca novel romance, apapun bukunya asal ada romancenya aku pasti suka. Kenapa aku suka romance? Entahlah mungkin karena aku suka sekali sama semua yang berbau romantis, walau bukan seorang wanita yang romantis (bingung khan?) *minum dulu Ky kalau bingung*


Kiky kan bekerja dan punya balita, kapan dan di mana nih bisa baca bukunya? Punya tempat favorit nggak untuk baca buku?

Sejak dulu aku tidak punya waktu dan tempat khusus untuk membaca, cuma memang setelah punya anak waktu membacaku memang sudah semakin menipis sekali, karena dibagi dengan kerja dan mengurus putraku yang masih batita. Aku pun mensiasati untuk selalu membawa buku didalam tas kemanapun aku pergi, selain untuk mengurangi kebosanan jika menunggu, jika ada kesempatan aku bisa membaca. *colong tas Kiky yang isi buku*
Sekarang aku lebih banyak membaca di perjalanan kantor dengan commuterline, lumayan bisa dapat berpuluh-puluh halaman (dengan catatan kondisi commuterline memungkinkan ya, tidak penuh sesak). Selain itu, aku juga biasanya membaca sebelum tidur (sudah kebiasaan sejak remaja), jadi jangan kaget jika dibawah bantalku ada 1 atau 2 buku yang sedang kubaca :) *sekalian aja bukunya yang jadi bantal, Ky*


Sebagai blogger hits yang dapat banyak tawaran mereview dan ngehost blogtour, pasti banyak pengalaman yang unik, share dong suka dukanya?

Awalnya jujur aku membuat blog buku hanya untuk konsumsi pribadi saja dan sebagai pengingat buku apa saja yang sudah kubaca. Jujur aku tipikal pembaca yang ingat jalan cerita, tetapi kadang-kadang suka lupa nama tokoh :) Hingga suatu hari aku mengajukan diri sebagai host Blog Tour salah 1 penerbit, darisanalah aku kok jadi tertarik untuk bekerjasama dengan penerbit/penulis. Untungnya aku punya beberapa penulis yang cukup dekat denganku, alhamdulilah mereka mau membantu mensponsori GA di blogku.

Lama kelamaan, blog bukuku jadi lebih dikenal di kalangan blogger, apalagi aku akhirnya menjadi member BBI. Tawaran demi tawaran baik penerbit, penulis maupun teman blogger datang susul menyusul, alhamdulilah bahagia sekali kesempatan yang luar biasa sekali buatku sebagai seorang blogger pemula.

Yang jelas buatku menjadi seorang blogger ini, aku jadi punya banyak kesempatan dapat buntelan buku gratis, bisa berkesempatan bekerjasama dengan penerbit dan penulis, jadi banyak teman baru baik blogger lainnya. Salah satunya ya, Mba Nurina ini loh (walaupun kami belum pernah ketemu), dan teman-teman peserta GA diblogku. Buatku lebih banyak sukanya dey, dukanya ada gak ya? Mungkin ada yang akan mempertanyakan reviewku ini jujur atau sekedar pesanan saja? Namun, aku bisa memastikan bahwa review yang kubuat ini insya allah jujur dan sesuai dengan apa yang kubaca dan kurasakan. Bagaimanapun selera orang itu subjektif sekali, aku tidak bisa memaksakan seseorang untuk menyukai buku yang kusukai. Aku hanya bisa membantu untuk orang itu mempertimbangkan apakah dia tertarik membaca buku itu atau tidak.


Bagaimana pandangan Kiky tentang novel lokal dan prospek masa depan novel Indonesia?

Kalau mau dibilang aku sangat menyukai membaca novel lokal, apalagi melihat perkembangan akhir-akhir ini cukup banyak sekali buku baru yang terbit dalam 1bulan. Penerbit saling berlomba menerbitkan buku dan penulis pun makin banyak. Prospek masa depan novel Indonesia tentunya cerah sekali ya, cuma kalau bisa berharap aku ingin sekali harga buku tidak terlalu mahal seperti sekarang, biar bisa menjangkau semua kalangan, apalagi sampai saat ini katanya minat baca orang Indonesia masih kalah jauh dengan negara lain.


Kasih rekomendasi 3 buku buat aku, dong, dan kenapa buku itu layak dibaca?

Jujur aku bingung mau merekomendasikan buku apa buat Mba Nurina ney, tapi ini aku pilihkan 3 buku favoritku:

1. Me Before You - Jojo Moyes


Dulunya aku tidak pernah tahu siapa itu Jojo Moyes, tapi saat membaca novel ini aku dibuat jatuh cinta setengah mati. Novel ini tebal banget, tapi aku bisa menyelesaikan hanya dlm beberapa jam saja. Ini memang bukan novel romance yg manis, tapi bacanya nyesak banget. Kisahnya benar-benar mengaduk emosi bahkan aku sampai menitikkan air mata (siapkan tisu saat membacanya). Sampai sskarang, aku masih menanti After You diterjemahkan

2. Cantik Itu Luka -Eka Kurniawan


Dulunya aku sama sekali tidak pernah melirik buku ini, padahal buku ini sudah dicetak ulang berulang kali dan bahkan sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa. Akhirnya suatu hari aku penasaran sama buku ini, kenapa orang-orang bisa suka. Ternyata aku kagum sekali dengan tulisan Mas Eka, novel ini tuh settingnya jadul banget, tokohnya ya ampun banyak banget, tapi semua tokohnya *hidup* mendukung cerita. Pantas novel ini menjadi masterpiece karyanya.


3. Sunset Bersama Rosie

Tere Liye adalah salah 1 penulis pria yang paling kusukai. Aku suka tulisannya karena selalu menyelipkan kisah sederhana yang sarat makna dan Tere Liye mampu menulis berbagai macam genre.

Salah 1 buku yang paling kusukai ya Sunset Bersama Rosie,kisahnya sederhana ttg sebuah keluarga yg hrs merasakan kehilangan krn bom bali dan bagaimana mereka saling menguatkan. Sungguh sangat menyentuh sekali :)

Waah sepertinya menarik, nih dan patut dicoba. Nanti pinjem ya, Ky *ora modal* *ditendang* Terima kasih Kiky sudah datang dan menjawab kekepoan saya. Semoga makin sukses dan makin berkibar di blantika perbloggerbukuan.

Nah, bulan depan kira-kira siapa ya yang bakal jadi target kepo saya. Tetap setia mampir ke sini ya untuk tahu siapa tamu saya berikutnya.

3 komentar:

Rizky Mirgawati mengatakan...

Btw, kok nemu saja itu foto keceku ya Mba Ina. Makasih banget loh sudah diajak bertamu loh, tersanjung bin terharu sekali loh jadi tamu pertama pula :D

Sukses juga Mba Ina buat blog bukunya, peluk hangat dari Depok ya *kirimbuntelanbuku :D

novaip mengatakan...

kadang aku juga mikir gimana caranya bisa bagi waktu untuk baca kak. Sampai saat ini waktu terbanyak aku untuk baca cuma saat nunggu masuk kelas, jam istirahat kampus, sama sebelum tidur... :D Tapi aku salut sama kecepatan baca kak Ky dan juga kak Nurina... *kasih 4 jempol*
Semoga tahun ini minta baca aku juga bisa makin meningkat kayak kakak2 kece ini... :D

Terima kasih kak Nurina dan kak ky atas wawancaranya... ^^

Shyshe_Princess_Damina-lovely-Sun_Shine mengatakan...

Ngikutin juga blognya mbak ky :) seru ni seperti rumpi sore yang hangat.

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon