Rabu, 24 Agustus 2016

[Resensi: The Rebel King - Melissa James] Takdir Hidup Sang Raja Pemberontak

Judul: Raja Pemberontak
Judul asli: The Rebel King
Penulis: Melissa James
Penerjemah: Fia Mirtasari
Editor: Bayu Anangga
Sampul: Marcel A.W.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: November 2014
Tebal buku: 280 halaman
ISBN: 9786020310428



BLURB

Charlie Costa, si pemadam kebakaran, tahu persis apa yang harus dilakukannya untuk menyelamatkan orang saat kebakaran. Tetapi ketika mengetahui bahwa ia sebenarnya calon raja yang harus segera menikah demi menyelamatkan negaranya, Charlie tak bisa berkata-kata! Ia tidak mau menjadi raja, ataupun menikahi Putri Jazmine… secantik apa pun dia. Sikap kasar dan kesan brengsek yang ditunjukkan Charlie tidak sedikit pun mengelabui Putri Jazmine. Charlie mungkin berusaha membohongi orang lain bahwa ia adalah pemberontak, tapi Putri Jazmine tahu siapa Charlies sebenarnya. Pria itu adalah pria baik, tangguh, dan sanggup menjadi raja yang sejati. 


RESENSI

Novel harlequin yang saya baca kali ini adalah percobaan pertama saya meminjam ebook di ipusnas. Sangat excited karena novel ini nggak juga tersedia di Ijakarta. Saya memang belum pernah membaca karya Melissa James, dan ketika membaca blurbnya saya merasa ide ceritanya cukup menarik.

Khas novel harlequin, selalu ada perubahan besar dan mendadak yang menimpa si tokoh utama. Cuma kali ini, di novel Raja Pemberontak ini, si tokoh utama tadinya adalah seorang pemadam kebakaran. Pria biasa yang dielu-elukan sebagai pahlawan karen berhasil menyelamatkan nyawa anak-anak dalam peristiwa kebakaran hebat. Dan kemudian bumi gonjang ganjing langit kelap kelap, ketika Charlie dinyatakan sebagai pewaris takhta kerajaan Hellenia.

Novel ini bersetting di Australia lalu pindah ke sebuah kerajaan Yunani kecil dengan sudut pandang orang ketiga dan plot yang rapi. Dengan alur yang lumayan lambat, pertentangan hati Charlie dilukiskan dengan akurat. Ada bagian di mana ia ingin lari kembali ke Australia dan menjalani kehidupan lajangnya yang ia anggap bahagia namun ada bagian yang membuatnya ingin tetap tinggal. Bagian itu adalah kebahagiaan Lia, adiknya, dan sosok Jazmine yang menggodanya sejak pertama.
Saya suka interaksi antara Charlie dan Jazmine. Sedikit aneh memang melihat tarik ulur mereka, dan saya juga nggak paham kenapa mereka mempertengkarkan hal yang remeh, tapi saya suka saat Charlie mulai membujuk Jazmine. Kata-katanya penuh dengan humor dan kecerdasan. Saya juga suka setiap kali Charlie membantah kata-kata sang raja. Pinter banget membalikkan omongan. Haha...

Karakternya serasi dan sungguh menyenangkan. Apalagi profesi Charlie tadinya adalah pemadam kebakaran. Seorang pahlawan yang mengandalkan kekuatan dan kecepatan berpikir. Saya anggap Charlie bukanlah orang yang nekat, ia menyelamatkan nyawa dengan memakai akal dan pertimbangan. Itu keren menurut saya. Dan profesinya membuat ia cocok menjadi raja. Raja yang diharap mampu menyelamatkan rakyatnya dari keterpurukan akibat perang saudara yang berkepanjangan. Jadi sang calon raja ini nggak sepenuhnya urakan, tapi juga sebenarnya sangat cerdas dan penuh pertimbangan.
Saya cukup suka dengan Jazmine. Tadinya saya kira saya bakal sebel karena belum-belum Jazmine sudah menilai Charlie dengan buruk. Tapi ternyata, justru mereka jadi pasangan yang bikin gemas saking seringnya tarik ulur dan saling bergairah tapi nggak jadi-jadi. Wkwkwk...

Mengenai perasaan dan motif sang raja sudah bisa saya tebak sih. Dan bagian Charlie bertemu atau berdialog dengan raja menjadi bagian favorit saya. Karena saya antusias dan deg-degan menunggu kata-kata apa yang aka diucapkan Charlie untuk membalas sang raja.
Lalu yang bikin saya penasaran justru malah hubungan Lia dengan Max dan Toby. Saya merasa hubungan kakak beradik Costa dengan Toby pastilah spesial, tapi Max lumayan juga karakternya. Jadi apakah kisah cinta Lia bakal ada kisahnya sendiri?

Bagi saya ini adalah perkenalan yang manis dengan karya Melissa James. Memang klise, yaaah cerita harlequin mana sih yang nggak klise. Tapi Raja Pemberontak diceritakan dengan apik dan menarik. Saya nggak bisa berhenti membaca naik-turunnya hubungan dua orang yang dari luar tanpak berrtolak belakang ini.
Bagi kalian yang ingin menikmati kisah perubahan hidup seorang pahlawan yang maskulin dan seksi menjadi raja yang gagah dan berwibawa, coba deh baca novel ini. Ringan, menghibur dan cukup asyik. Tapi awas jangan sampai jatuh cinta pada sang rebel king. Hahaha...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nurina mengeja kata Published @ 2014 by Ipietoon